top of page
Search
  • Writer's picturehompimpa

Alat Permainan Tradisional yang Menemani Masa Kecil Kita!

Updated: May 3, 2020

Permainan tradisional Nusantara memiliki keanekaragaman di berbagai wilayah yang tersebar ke seluruh provinsi di Indonesia. Permainan yang sudah turun temurun dari jaman dahulu ini sangat digemari oleh anak anak kecil terutama generasi 90-an. Banyak sekali jenis permainan yang bisa dimainkan kapan pun dan dimana pun. Keunggulan tersendiri bagi permainan tradisional yang hanya menggunakan alat-alat sederhana untuk digunakan bermain seperti kayu, batu, tanah serta alat-alat yang mudah ditemui lainnya. Kita semua terkadang rindu akan permainan-permainan yang menghiasi masa kecil kita itu, maka dari itu sejenak kita bernostalgia dan mengenali apa saja alat dari permainan tradisional Nusantara!



Egrang

Egrang merupakan permainan sekaligus olahraga tradisional yang sudah ada sejak jaman dahulu dan dijadikan salah satu bentuk perjuangan pada jaman penjajahan setiap 17 Agustus-an. Egrang memilik banyak sebutan di tiap daerah di Indonesia seperti Jajangkungan di Jawa Barat, Tilako di Sulawesi, Batungkau di Kalimantan, sedangkan di Sumatera Barat lebih dikenal dengan nama Tengkak-tengkak. Namun banyak orang di Indonesia lebih mengenalnya dengan sebutan Egrang atau Engrang. Egrang merupakan suatu permainan yang menggunakan bambu setinggi 1,5 hingga 2 meter dengan pijakan sekitar 30 hingga 50 cm. Permainan ini dilakukan dengan cara kita berpijak pada pijakan bamboo dan mulai melangkah dengan keselarasan tangan dan kaki.


Lompat Karet

Lompat karet atau biasa disebut juga lompat tali dan di beberapa daerah tertentu permainan ini disebut maen karet merupakan permainan yang dilakukan secara berkelompok tiga orang atau lebih. Cara bermainnya pun sangat mudah, dari mulai ujung kaki hingga ke kepala permainan ini akan berakhir. Akan ada dua orang menjadi pemegang tali yang dibentangkan sekitar 3 hingga 4 meter lalu sisanya melompat melewati karet tersebut, orang yang selesai melompat akan menggantikan orang yang memegang tali untuk mendapat giliran hingga nantinya ada orang yang mengenai karet tersebut yang akan bertugas untuk memegangi talinya. Cara untuk membuat karetnya pun sangat mudah dan sangat digemari oleh anak kecil perempuan yang tidak jarang menyukai untuk membuat karet. Caranya hanya dengan membuat dua karet gelang yang disimpulkan ke dua karet gelang lainnya sehingga memanjang dan cukup untuk dibentangkan.


Engklek

Engklek merupakan permainan lompat melompat di atas permukaan tanah yang datar, yang nantinya akan dilompati oleh tiap anak-anak yang bermain. Permainannya cukup mudah dan sederhana tetapi sangat digemari oleh banyak anak-anak. Cukup dengan menggunakan batu atau benda padat lainnya yang bisa membuat garis di tanah untuk membentuk susunan kotak sebagai tantangan. Ada tiga susunan kotak yang paling banyak dijumpai yaitu berbentuk pesawat, gunung dan baling-baling. Tidak hanya melompat melewati susunan kotak yang ada tetapi kita juga harus melempar gaco dan mengambil itu di kotak berikutnya. Gaco merupakan potongan genteng atau bisa digantikan oleh batu yang pipih.


Penulis: Refan Gema Pradifta

22 views0 comments

Recent Posts

See All

Engklek atau Dampu Bulan?

Indonesia memiliki ragam budaya, hal ini yang menyebabkan kekayaan budaya di Indonesia seakan-akan tidak terbatas. Mulai dari makanan,...

Serunya main menggunakan bambu

Bambu merupakan salah satu tanaman yang sangat dikenal di Indonesia. Selain karena perannya yang kerap disebut dalam sejarah, bambu juga...

Comments


bottom of page